Friday, 30 December 2011

Cara menambah internal memory pada android dengan App2SD


Tutorial menambah memory internal bwat Galaxy mini

tahap pertama

bwat yg ada masalah memory internalnya terlalu kecil, bisa pake cara ini, syaratnya :

1. Harus udah di root
2. Memory microsd nya pakai minimal class6, kl pake memory class 2 bisa aja, cuman harus sabar karena bakalan lemot hpnya
3. Bisa ngakses microsd dari pc /laptop pake card reader, jgn via mass storage HP
4. install root explorer (cari sendiri yah )
5. berhubung ada yg coba tp ternyata error dan bbrp aplikasi yg penting jadi ga jalan, gw saranin abis backup pake titanium backup hp nya di factory reset dulu yah... selama ini gw udah 3x coba ini dan semuanya berhasil selalu factory reset dan baru di backup, jadi yg di restore cuman data contact doang, data2 yg berhubungan ama sistem ga ada yg pindah ke micrsd baru...

atau kalo mo aman, backup sms & contact ke google account trus hp nya di factory reset baru ikutin langkah2 di bawah ini...

Beberapa hal yang disarankan:
1. pake microsd class setinggi mungkin
2. Untuk partisi microsd nya disarankan Pake linux soalnya bisa nembus read only protection micro sd nya ( ntar gw jelasin masalah ini) dan jangan tanya ke gw merek apaan yg pasti bisa di windows, sampe skrg itu masih random, gw masih blom nemuin merek yg bener2 semua tipe nya bisa di partisi di windows, pasti ada aja yg selalu balik lg ke kondisi semula sebelum di partisi....
3. bwat jaga2, backup dulu semua data trus hp nya di factory reset

ok... skarang caranya :

Pertama, siapin dl biar hp nya bisa diakses via terminal + bikin backup

Hal pertama yg dilakukan adalah root HP bwat yg belom, caranya bisa liat di sini atau sini.

Langkah pertama ini kondisinya microsd nya masih kepasang di HP dan belom diapa2in.

abis di root, langkahnya :

1. download busybox dari sini
2. download & install titanium backup dari market
3. Install busybox ( masuk ke file manager, cari stericcson.busybox.apk trus klik trus pilih instal)
4. jalanin busybox dari menu trus pilih instal, abis itu allow root permision , kl udah ntar ada pemberitahuan bahwa busybox udah keinstal
5. buka titanium backup trus backup user + data system ( klik tombol menu trus pilih batch terus klik tombol run yg di sebelah kiri tulisan Backup all user app + system data)
6. tungguin sampe selesai

Langkah tahap pertama selesai

Tahap ke 2, partisi microsd

Lepasin microsd dari hp terus pasang di card reader / converter, trus langkah2nya :

1. copy semua isi microsd ke PC/laptop atau apalah tempat nyolokin microsdnya
2. Download software untuk bikin partisinya , yg biasa dipake ada partition wizzard atau pake gparted kalo pake linux
3. Partisi microsd nya caranya :

1. apus partisi yg ada , buka partition wizzard (windows) trus cari microsdnya di bawah lalu klik kanan pilih delete trus pilih apply di kiri atas
bwat yg pake gparted (linux) , ubah device hardwarenya jadi usb dengan mengklik tombol di kanan atas terus ubah dari /dev/sda jadi flashdisk ( biasanya /dev/sdb)
2. Bikin partisi pertama dalam format FAT32 untuk yg mo bikin partisi > 4gb, untuk yg < 4gb pake FAT biasa caranya : bwat yg pake windows : klik kanan di unalocated space microsdnya terus klik kanan pilih cerate, yg pake linux juga sama abis itu masukin data ini : Create As : Primay , File system : FAT (untuk yg < 4GB) atau FAT32 (> 4gb)
Besarnya partisi disesuaikan dengan kebutuhan kita.
Sisain space kosong maksimum 1,25 gb untuk partisi satu lagi yg ntar jadi memory internal hp nya knp maksimum 1,25gb? karena android yg dipake di s5570 *ga tau sampe versi brapa* cuman bisa ngenalin memory internal maksimum 1,45 gb, dengan asumsi udah ada internal 180 mb lalu di tambahin 1,25 gb maka udah 1,43 gb, kalo bikin partisi nya lebih dari 1,25 gb, ga bakalan kebaca sisanya ama sistem, tetep cuman di kenalin 1,45 gb, jadi percuma aja bikin partisi sampe 4 gb atau lebih...
3. Bikin partisi satu lagi di space kosong yg sisa, pake cara diatas , tapi data yg dimasukin : Create as : Primary, File System : Ext2 , Cluster Size : 4 KB ( kl dari linux ga usah masukin cluster size)
4. Klik Apply di atas

Perhatian !!!!

Ada kasus dimana microsd nya di lock oleh pabrikan biar ga bisa diubah filesystemnya, jadi mo dipartisi kyk apapun ga bakal ke partisi dan balik lg ke settingan awal... Kalo udah kyk gini, saran gw, yg pake windows, proses partisi microsdnya dilakukan di linux pake Gparted, karena ga bakal nemuin masalah microsd ga bisa dipartisi

Langkah Tahap ke 2 selesai

tahap ke 3 , instalasi app2sd + system ke hp

sebelum mulai, lanjutan dari langkah sebelumnya, kondisi microsd masih kepasang di card reader , lakuin dulu :
1. copy semua data microsd yg udah dibackup di laptop ke dalem partisi microsd yg baru ( khusus yg pake linux, masukin ke partisi jenis fat32 , jgn ke yg ext 2 )
2. download app2sd dari sini
3. extract file app2sdnya di pc, trus copy ke microsd ntar jadi ada folder app2sd di dalem microsdnya

baru bisa mulai tahap ke 3

langkah2nya :
1. lepas microsd dari laptop/pc terus pasang di hp
2. download + install terminal emulator dari market
3. Jalanin terminal emulator terus ketik command berikut ini :
su *ntar bakal ada root user priviledge di hp, pencet allow*
cd /sdcard
cd app2sd
sh app2sd.sh

4. ntar hp nya bakal restart, abis restart, restore semua data pake titanium backup ( buka titanium backup , klik menu , pilih batch, pilih run restore all apps with data)
5. berdoa semoga ga ada error

kl udah beres dan ga ada error artinya memory internal udah diambil alih microsdnya.

Reactions:

6 comments:

gan waktu gw masukin su
di better terminal emulator
muncul tulisan kaya gini
" must be suid to work properly"
maksudnya apa tuh gan??
mohon pencerahannya

mungkin problem di hak UNIX nya ...

silahkan masuk thread ini gan, mungkin bisa membantu
http://forum.nas-forum.org/index.php?page=Thread&threadID=526

gan, ane udah sampe tahap ketiga..
waktu masukin command: "cd /sdcard"
ada tulisan: "cd/sdcard: not found"

mohon solusinya gan..

klo memori udah diambil alih oleh microSD, apakah memori internal hilang? artinya, jika awal memori internal saya 200MB, dan pastisi ext2 di micro SD saya 1 GB, apakah nanti total hasil nya cuma 1GB aja? apa 1,2 GB?

ga nyampe 1gb gan kebacanya. cuma 900an

Bujug buneng..! Dulu ente skolah dmane,Gan..? Koq ngulik amat..
Ane pingin hh ane digituin,Gan.. tpi sayangnya ane gaptek.. Ntar aja dahh klo bisa ktemu agan ane mnta tolong.. :)

Post a Comment